Bikin Youtube Channel, Gagal Monet sampe Dollar mengalir ke rekeningku

YOooo
Kali ini aku mau share tentang bagaimana aku memulai nyebur di dunia per-Youtube-an.
Mulai dari bagaimana aku bikin Youtube Channel aku ini, alesannya, sampe sekarang ini dengan segala lika-liku permasalahan yang bikin aku MAGER buat bikin konten.
So, kita mulai dari alesan di buat Youtube channel-nya aja dulu deh ya.

Jadi, Youtube Channel aku tuh dibikin pada Mei 2011. 
mhmm udah lama juga yaa
andai sejak saat itu aku tau kalo bisa dapet duit dari konten-konten yang kita buat, pasti aku udah banyak bikin konten deh dan udah seterkenal Pewdiepie kali ya, secara kita bikin Channel beda setaun doang. haha

Nah pada Mei 2011 itu tuh aku ceritanya daftar buat student exchange gitu pas masih kuliah. Setelah lolos tahap pertama, tahap selanjutnya adalah kita harus menunjukan salahsatu skill kita di bidang seni dengan merekamnya, kemudian meng-uploadnya ke Youtube terus di share deh link videonya ke panitia penyelenggaranya gitu. Karena aku bisa nari tradisional, jaipong tepatnya maka video yang aku bikin sebagai syarat pendaftaran tahap dua itu adalah video aku nari yang kemudian video itu adalah konten pertama di Youtube Channel-ku.

gituu

FYI, video pertamaku itu masih ada loh, ga aku private dan ga even aku hapus.
kalian masih bisa nonton. Cek deh.

ini dia videonya.

Nah terus di akhir tahun 2011 itu aku udah agak mulai sering perform nari, dan kalo nari tuh kan harus makeupan sendiri, dan aku kek kepengen upgrade skill makeup aku gitu.
tapi waktu itu tuh yang namanya Beauty class atau makeup workshop tuh barang langka banget. BANGET !!!

nah karena udah sedikit mengenal youtube, jadi kepikiran buat nyari tutorial di Youtube aja.
tapi mengecewakan.

Di tahun 2011 tuh ga banyak orang yang share makeup tutorial di Youtube. mungkin ada, tapi yang aku temukan itu tuh banyaknya beauty vlogger dari luar yang sudah pasti produk yang mereka pake juga adalah produk-produk dari luar.
secara dulu susah banget dan bahkan aku ga tau dimana tempat terdekat buat beli makeup. Terus brand-brand lokal-pun engga se-hype dan sekeren sekarang dooongg.
jadi aku putuskan untuk mencoba bikin video tutorial makeup yang aku upload di Youtube channelku.

andai dulu aku terusin. mungkin aku udah seterkenal Nikkie Tutorials atau ngga, mungkin aku bisa jadi beauty vlogger pertama di Indonesia deh (menghayalllllllll)
haha

Jadi guys, aku tuh di akhir tahun 2011 itu udah bikin video makeup gitu, trus aku upload di Youtube channelku. Tapi ada temen yangg tau dan dia menertawakannya didepanku.
aku yang rapuh ini langsung pundung. haha
emang jelek sih.
Tapi kalo diketawain itu kan rasanya semacem makan baso di tengah derasnya hujan. ehh itu mah enak.
ini mah pokonya bikin aku langsung hapus tuh video ASAP.

selanjutnya, aku upload nih video-video random, (masih) cuma iseng aja. 

DAN
di Desember 2016 akhirnya aku tau kalo konten-konten di Youtube tuh bisa di monetized, alias bisa dapet duit. bisa dapet honor gituh.
so cari tau deh tentang how to monetize si Youtube channel kita.
aku daftarin dan langsung di approved, soalnya Youtbe belom bikin persyaratan-persyaratan seketat sekarang. walopun dulu tuh aku baru punya 80an subscriber dan video cuma dikit.

terus aku mulai mencoba bikin konten nih, walaupun masihh ga rajin. waktu itu aku inget banget bikin konten pertama setelah tau tentang pe-monetisasi-an tuh aku pake HP ASUS Zenfone 2.
aku upload tanpa banyak edit ini itu.
sampe bulan Februari 2018, Youtube bikin peraturan baru untuk kreator yang mau memonetisasi channelnya. dan peraturan itu masih berlaku sampe sekarang. kita harus punya minimal 1000 subscriber dan 4000 jam tayang selama 12 bulan kalo mau di monetisasi. karena di Februari 2018 itu subscriberku cuma 280an, dan aku gatau sih berapa jumlah jam tayang channelku, akhirnya diputuslah aku.
SEDIH.
tapi banyak juga yang diputus. aku banyak temannya hahaha

nah selama 14 bulan sebelumnya itu aku udah dapet 58.000 rupiah. mayan kaann.
karena diputus, jadi si 58.000 ini mengendap di akun google adsenseku itu.
ga naik-naik. karena udah diputuskan, udah gaada iklannya juga di video-videoku.

terus. kalo kalian inget, di bulan Maret 2018 sampe beberapa bulan berikutnya tuh viral banget yang namanya video-video makeup palsu gitu di tiktok yang cewe makeupan idungnya ditambal pake adonan biar mancungm pipinya di selotip biar tirus gituu, yang keknya sih mereka itu Korean atau chinese gitu deh.

nah aku kan juga pernah bikin video tentang makeup yang SFX makeup gitu. ya semacem fake face-fakeface gitu juga lah.
videonya juga masih ada. nih

ini pertama kali aku mainin SFX, dan belagunya langsung dibikin konten haha

sebenernya aku sendiri ngeras geuleuh gitu sama video ini, tapi gimana yaa ini tuh video pembawa keberuntungan. jadi ga aku private. bahkan sampe sekarang video ini termasuk video yang bisa ngehasilin dollar yang lumayan buatku.


nah lucky me, video ini tuh kebawa viral bahkan dalam rentang waktu sebulan, April-Mei, aku bisa lewatin persyaratan baru si Youtube, 1000 subscriber dan 4000 jam tayangnya aku dapetin dalam waktu sebulan doang gegara si video ini.

alhamdulillah

walaupun banyak hate speech-nya juga. tapi BODO AMAT !!!

setelah melewati persyaratan itu, secara otomatis channelku ditinjau ulang buat monetisasi. aku inget banget waktu itu tuh tanggal 12 Juni 2018 dan di approved tanggal 10 Juli 2018. 28 hari doang dong peninjauannya.
ini tuh termasuk cepet banget.
karena ada juga, bahkan banyak channel yang harus menunggu sampe ber-bulan-bulan, bahkan keputusannyapun banyak yang ditolak.
YA, aku beruntung.
karena video-video aku pun adalah video-video ori bikinanku dan ga banyak copyrightnya.

gitu

Nah, terus kau lanjut bikin konten dong. 
ternyata viralnya video si fakeface-fakeface itu tuh cuma sampe sekitar Oktoberan. views akupun semakin turun dan hal ini berimbas pada pengasilan dollarku juga yang turun.

oiya, batas minimal pencairan dollar kita tuh kan 1.300.000 Rupiah, alhamdulillah aku bisa mencapai itu di bulan September
tapi itupun ga langsung cair karena masih banyak hal-hal yang mesti kita lakukan. verifikasi ini itu di akun google adsense kita.

DAN AKU KENA MASALAH.
nanti aku ceritain masalahnya apa

baca aja terus, buat pengetahuan kalian juga biar lebih hati-hati pas verifikasi persyaratan-persyaratannya itu kalo kalian mau bikin Google Adsense.

Pertama adalah kita harus mempunyai PIN, PIN ini akan di kirim ke alamat rumah kita melalui Pos dan akan dikirim secara otomatis setelah kita mendapatkan USD 10 pertama kita. tentunya setelah kita masukin alamat rumah kita di akun Google Adsensenya ya guys.

Nah aku dapet 10 dolar pertama itu di awal Agustus 2018 dan PIN-nya itu sampe 3 bulan berikutnya, yaitu pada bulan November 2018.
Lama yaa, karena ini PIN ini dikirim dari kantor pusatnya gitu

pas udah sampe, kita bisa langsung masukin PIN-nya itu di akun Google adsensenya.

Nah sambil nunggu si PIN ini sampe, aku verifikasi si persyararan lainnya.
aku verifikasi No Rekening Bank, AMAN. tanpa masalah.
Jadi setelah kita masukin No rekening Bank kita, Google bakalan ngirimin sejumlah uang ke rekening kita itu senilai engga lebih dari 1000 rupiah.
aku cek, dan nilai uang yang dikirim itu-pun menjadi semacem PIN buat verifikasi bahwa no rekening itu adalah benar-benar punya kita.

KEMUDIAN, 
masalah aku tuh ada di verifikasi identitas.
aku foto, bahkan pernah aku juga upload yang hasil dari scan KTP aku beberapa kali.
GAGAL TERUS.
dan ternyata Google adsense cuma ngasih kita beberapa kesempatan buat upload identitas. aku lupa berapa kali. 3 atau 5 kali gitu deh.

dan salahnya aku, aku tuh upload e-KTP yang masih ada expirednya. (soalnya aku bikin di awal-awal gitu, gercep banget kaan). tapi kan di 2018 itu udah di putuskan kalo e-KTP yg masih ada expirednya udah berlaku seumur hidup yakan.

nah karena gagal terus itu, akhirnya aku ga bisa upload identitas lagi.
aku ajukan banding
dapet kesempatan lagi

terus aku coba upload pake SIM
ehhh masih aja ditolak 
sedih akutuhhh
ga bisa upload lagi deh

sampe beberapa bulan kemudian aku menyerah.
terus akhirnya ada yang ngasih saran buat ngehubungu Youtube supportnya gitu, jadi kita bisa chat dan konsul sama manusia gitu. ga sama sistem lagi maksudnya. hehe
(makasih banyak yang udah ngasih saran, semoga urusan anda dimudahkan walaupun aku lupa siapa orang yang udah ngasih saran ini)

terus cerita kan permasalahannya apa,
dan dikasih kesempatan upload lagi
eh DITOLAK LAGI.

sampe aku bener-bener mikir "ya udah lah".

tapi video-ku itu masih ada iklannya, dollar masih ngalir, tapi ngendap..

sampe aku kepikiran buat mencoba ganti akun adsense aja.

terus aku lepas si akun Google adsense lamaku di bulan Juni 2019 dan mencoba bikin akun google adsense baru.

bodonya aku, aku daftar pake profil yang sama haha
ya ga bisa lah.

Jadi Guys, Google itu hanya memperbolehkan kita membuat satu akun Google Adsense. kalo mau bikin yang baru, bikinlah pake profil orang yang berbeda yang gapunya akun Google adsense, dan mungkin gaakan bikin. Profil kakek kalian misalnya. hehe

nah selama sebulan, Youtube channel aku ga dikaitkan sama adsense. otomatis gaada iklannya dong dan gaada dollar lagi.

tapi di awal Juli 2019, aku kaitkan lagi aja Youtubeku ke akun Google adsense yang lama.
ada iklan lagi, ada dollar lagi, tapi masih belum bisa dicairkan.

Nah sampe akhirnya aku dapet kabar gembira kalo TVOne ngadain event Kelas Kreator di Bandung, aku daftar dong dan alhamdulillah keterima.
di event ini tuh selain speakernya adalah kreator yang udah mumpuni, ada juga dari orang Youtubenya.
Youtube dan Adsense adalah produk yang berbeda, tapi sama-sama produk Google lah yaa

nah di sesi tanya jawab, aku konsultasi dong sama Kang Youtube-nya.
setelah cerita blablabla,
dia bilang "nanti saya sampaikan ke orang adsensenya"

Kang Youtube yang bertugas waktu itu adalah Geri. 
aku mau bilang makasih banget nih sama dia.

jadi dia cuma nyatet nama Youtube channelnya aku aja.
DAN
KEMUDIAN
KEAJAIBAN PUN TERJADI

Seninnya, tepatnya dua hari setelah acara, jam 10an siang aku dapet email dari Google adsense yang isinya ini

ga upload apa-apa lagi, tetiba dapet email beginian.

TERHARUuuuu

dan jam 7 sorenya, di hari yang sama aku dapet email lagi yang isinya bikin BAHAGIA

ahhh Finally, urusan per-adsense-an ku selesai.
semoga kedepannya lancar-lancar aja tanpa masalah.

dan semoga aku semakin semangat bikin konten.

aamiin :)

Guys, ga cuma di blog, aku bahas juga tentang hal ini di Youtube channelnya aku.
buat kalian yang lebih suka aku bahas ini secara visual, kalian boleh nonton video aku ini ya


selamat menonton
enjOooooooy




0 Comments