Tips Konten YouTube Banyak Views dan Subscribe


Beberapa waktu ke belakang aku kan sering ikut seminar, nah udah 3 kali seminar temanya tentang per-YouTube-an. Aku ada sedikit ngerangkum beberapa materi, tips dan trik buat YouTube-an. Tapi ga Cuma dari seminar, akupun sering denger podcast tentang how to build a YouTube Channel supaya bisa menarik banyak viewers dan subscribers.
Kalo dibahas semua kan bakalan panjang banget

Jadi, kali ini aku mau bahas tentang konten apa yang bisa menarik view dan subscriber lebih banyak dulu aja lah ya.
Aku tulis di-blog supaya temen-temen yang ga ikut seminar bisa tau juga. Intinya semoga yang baca ini bisa dapet manfaat dari tulisan ini, terutama buat yang baru memulai bikin Youtube Channel.
Juga buat ku sendiri, semoga bisa menjadi pengingat dan pengikat apa yang udah pernah aku pelajari.
Sekali lagi, kali ini aku mau bahas tentang konten apa yang bisa menarik view dan subscriber lebih banyak.
Seperti halnya kalian yang baca tulisan ini, orang yang klik suatu video-pun tentunya ingin mendapatkan manfaat dari apa yang telah mereka klik. Nah supaya view dan subscriber kita banyak, maka harus bermanfaat. Disini aku bikin 4 point penting manfaat yang bisa didapat oleh viewer kita.

  Educative

Banyak orang ingin mempelajari sesuatu dari YouTube karena di YouTube kita bisa menemukan berbagai jenis ilmu dan pengetahuan, mulai dari sains dan juga sosial. Buat kamu yang masih bingung mau membuat konten apa, kamu bisa memperhatikan point pertama ini.
Setiap orang pasti memiliki suatu skill. Nah sekarang tugas kita adalah menentukan skill apa sih yang kita punya. Kemudian kamu bisa deh membuat konten berdasarkan dengan skill apa yang kamu punya. Misalnya kamu pintar masak, nah bisa tuh kamu bikin konten meliputi dunia F&B. Mau tutorial masak, tips memilih bahan baku, dan lain-lain.

         Entertaining

Salah satu tujuan terbesar orang menonton video di YouTube adalah untuk mencari hiburan. Nah kamu bisa loh bikin suatu konten yang menghibur semisal share tentang hobi. Kalo misalnya kita punya hobi bermain golf, nah bisa tuh kita share tentang keseharian kamu ketika bermain golf. Pokoknya konten yang berkaitan dengan golf deh. Inget, setiap “sesuatu” pasti punya penggemarnya. Kalo kamu bikin konten tentang golf, misal, tentunya ada orang-orang yang juga suka golf dong, nah kemungkinan besar orang-orang itu akan menyukai channel kamu. Karena kalian memiliki satu kesamaan, yaitu sama-sama suka dunia golf.

     Informative

Nah ini juga penting. Orang klik video kita juga karena tentunya ingin mendapat suatu informasi dong, suatu nilai tambah yang tadinya orang tersebut tidak tau, menjadi tau. Misal seperti channel calon sarjana atau kok bisa ?, nah mereka mengumpulkan berbagai informasi yang mungkin banyak orang belum tau, dengan haarapan supaya orang menjadi tau.  Tentunya si empunya channel telah melakukan riset. Selain bermanfaat baginya, informasi itu pun akan sangat bermanfaat bagi orang lain. Dan orang yang belum tahu akan penasaran buat nonton. Mereka akan mengklik video kita karena ngerasa mereka belum tahu dan ingin menjadi tau.

          Inspiring

Ga perlu menjadi sempurna untuk menjadi orang yang bisa menginspirasi. Sekelas Merry Riana atau para motivator lainpun pasti ga sempurna. Tapi mereka bisa sangat menginspirasi karena mereka memiliki pengalaman dan berani untuk share apa yang bisa bermanfaat dan dibutuhkan oleh orang banyak. Kita pikirkan lagi pengalaman apa yang kita punya, yang dirasa menarik dan akan mengundang banyak orang untuk mengklik video kita. Kemudian kita share deh di Youtube Channelnya kita.

OK guys segini dulu aja ya.
Kalo hasil seminar atau dari podcast aku tulis semua disini mah bakalan panjang banget.
Bisa kali jadi buku hehe

Next deh aku share yang lain.
So, pastikan kalian follow blog aku ini.

See You on my next one

LuvVvv :*

0 Comments